√ 4 Langkah Mudah Cara membuat Layang-Layang Sendiri

Cara membuat layang-layang – Halo para penghobi layang layang, sungguh senang dan indah melihat layang layang berterbangan diantara awan yang menghiasi langit biru yang cantik. Terdapat kebanggaan tersendiri disaat layang layang yang kita buat sendiri mengudara dengan anggun di langit biru.

Di tahun 2019 ini, mungkin layang layang kurang seramai tahun sebelumnya. Namun, hobi dan kesenangan membuat atau pun bermain layang layang tidak akan pernah hilang. Mari kita lestarikan kembali bermain layang layang bersama teman, saudara, kekasih, tetangga, dan lainnya dengan membuat kreasi layang layang yang bisa kamu jadikan referensi pada artikel berikut ini.

Layang Layang Sederhana

Layang layang yang seringkali terlihat di berbagai daerah di Indonesia. Cukup mudah untuk membuat dan menerbangkan layangan satu ini, karena bahan yang mudah ditemukan dan ringannya berat dari layangan ini sendiri. Berikut adalah cara membuat layang layang tradisional

Siapkan terlebih dahulu bahan & Peralatan berikut :

  1. 2 Bambu tipis (Ukuran 60-80cm & 40-50cm)
  2. Kertas Minyak (Ukuran sesuai bambu, lebihkan sekitar 1-2 cm)
  3. Benang halus/Jahit/kenur/gelasan
  4. Spidol
  5. Gunting
  6. Pisau/Gergaji/golok

1. Membuat Kerangka Layang Layang dengan 2 Bambu Tipis

Satukan kedua bambu yang telah kamu siapkan secara menyilang. Bambu yang lebih pendek tempatkan di 1/3 panjang dari bambu yang panjang tadi. Kemudia kuatkan rangka tersebut menggunakan benang jahit pada bagian bertemunya 2 bambu tersebut.

2. Hubungkan Tiap Ujung Kerangka dengan Benang

Hubungkan setiap ujung bambu dengan benang yang kemudian akan terlihat seperti segi empat atau seperti wajik.

3. Pasangkan Kertas Minyak Pada kerangka Layangan

Setelah membuat kerangka dengan menghubungkan benang tadi, kamu sudah punya pola layangan yang bisa kamu jiplak ke kertas minyak yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Setelah menjiplak pola layangan, potong pola kertas minyak tersebut yang kemudian bisa kamu pasang dan tempelkan menggunakan lem/isolasi pada kerangka layangan.

4. Selamat Layangan Buatanmu Telah Terbuat

Sekali lagi selamat! Layangan buatanmu sendiri telah terbuat. Sebelum siap mengudara kamu kamu harus memasang simpul penghubung pada layangan dengan benang, setelah itu baru layanganmu siap mengangkasa.

Bonus !, Tambahkan Dekorasi

Bagu yang kurang puas dengan tampilan layangan polosnya, kamu bisa tambahkan beberapa dekorasi yang dapat memperbagus layanganmu. Dekorasi ini aman dan tidak akan terlalu berpengaruh terhadap terbangnya layang layang. Ini lah diantaranya

  1. Warnai/Gambari layangan, warna warni pada layangan dapat membuat layanganmu semakin keren dan indah. Dengan adanya warna/gambar ini, pasti deh banyak mata terpikat melihat layanganmu.
  2. Ekor layangan, sisa kertas minyak yang sebelumnya dipakai jangan terburu buru dibuang, potong kertas minyak tadi secara memanjang dan tempelkan pada sudut bawah,kanan, atau kiri layangan.

Begitulah cara membuat layang layang tradisional, sangat mudah dan mengasyikan bukan? Apalagi jika dibuat dan bermain bersama teman temanmu, pastinya akan lebih seru lagi.

Layang Layang Delta

Layang layang satu ini bentuknya adalah segitiga atau seperti pesawat tempur siluman. Saat kamu terbangkan layang-layang delta dan diberik dekorasi ekor akan terlihat bagai ikan pari yang berenang di luasnya lautan samudra.

Ingin tahu cara membuatnya? cari tahu di bawah ini

Siapkan terlebih dahulu bahan & Peralatan berikut :

  1. Kantong plastik besar
  2. Tusuk Sate atau kayu kecil
  3. Benang
  4. Spidol
  5. Gunting

1. Buat Sketsa Layangan Delta dari Kantung Plastik

Sebelumnya, cari terlebih dahulu permukaan datar dan bersih supaya layang layang delta yang anda buat benar benar lurus.

Gunting bagian lipatan bawah kantung plastik tadi menjadi bentuk dari separuh bagian layang layang yang dibuat nantinya. Potongan ini akan terbagi dua dan menjadi bentuk layangan delta yang utuh.

Perhatikan poin berikut ini :

  • Lipatan sebaiknya sepanjang 29cm
  • Garis bawah sebaiknya sepanjang 27 cm dan berakhir 3,75cm lebih tinggi dari titik awalnya.
  • garis bagian atas lipatan harus terhubung dengan ujung garis bawah.

2. Buat Lunas pada Layang Layang

lunas adalah segitiga kecil pada layangan yang mengontrol terbangnya layangan kamu. Ukuran lunas seharusnya setinggi 14,5 cm dan selebar 11,6.

Gambar kedua garis yang telah disebutkan tadi dengan dimuali dari satu titik dan hubungkan keduanya dengan garis ketiga, kemudia potong dengan gunting.

3. Membuat Kerangka Layang Layang Delta

pertama-tama tempelkan selotip pada garis tepi layang-layang, kecuali pada bagian sayapnya sekitar 5 cm. menempelkan selotip ini berfungsi sebagai pengakslerasi bagian yang menghambat lajur udara.

Setelah itu, kamu pasangkan kayu kecil atau tusuk sate pada tepi-tepi dari layangan tersebut. Perhatikan poin untuk pembuatan kerangkanya dengan kayu berikut ini :

  • Pasangkan kayu atau tusuk sate paling lurus pada bagian tengah
  • Tempatkan 1 kayu atau tusuk sate pada tiap sisi garis lipat yang berakhir pada tepi sayap (6,35cm dari atas).
  • Kerangka bagian tengah sepanjang 12,2 cm, tempatkan 1 kayu atau tusuk sate dengan posisi tegak lurus, sehingga berbentuk seperti salib. Rapihkan ujung ujung kayu atau tusuk sate tersebut sehingga panjangnya dapat bersandar pada bagian kanan dan kiri dengan kerangka yang dibuat sebelumnya, yang kemudian harus kamu rekatkan dengan lem, tunggu sampai kering.

4. Tuntaskan Lunas

Ambil benang layang layang dan buat dan tempelkan dua utas benang pada kedua sisi lunas ( sisi-sisi yang saling bersebrangan). Pada tiap keempat benang bertemu, ikat dengan benang. Kemudian, buatlah simpul di dekat ujung benang. Ikat tiap ujung benang pada sudutnya masing masing menjadi simpul juga, harus rapat dengan plastiknya.

5. Pasangkan Lunas

Buatlah lubang pada layang-layang tepat di persilangan dua tusuk sate tengah. Lunar seharusnya sesuai dengan sudut yang dibentuk oleh dua tusuk sate tengah tadi, karena sudah kita ukur sebelumnya. Masukkan benang-benang lunas atas melalui lubang, kemudian ikat benang tersebut.

  • Lakukan hal yang sama pada tepi lunas. Buatlah lubang dimana lunas berakhir dan masukkan benang melaluinya dan ikatlah. Saat lunas telah sejajar dengan benar, rekatkan selotip unuk merekatkannya pada plastik.

6. Pasang Benang & Ekor

Coba kamu perhatikan pada lunas yang telah dipasangkan tadi. Pada lunas terdapat benang tambahan dengan 2 sumpul yang menggantung pada lunas anda. Disitulah tempat kamu dapat menempelkan benang kamu nantinya.

Ingat! Lunas adalah bagian paling penting pada layang layang delta. Karenanya, cek lagi lunas yang terpasang dan betulkan jika terasa kurang kuat, jangan sampai lunas kamu lepas saat bermain layang-layangnya nanti ya.

Selamat! Layang Layang Delta Kamu Sudah Siap DIterbangkan!

Layang Layang Lebah (Schaefer)

cara membuat layang layang lebah kertas, layang layang lebah

cara membuat layang layang lebah kertas – id,wikihow.com

jenis layang-layang selanjutnya yang bisa kamu cari tahu cara pembuatannya adalah layang-layang lebah atau schaefer. Terlihat dari bentuknya yang tidak biasa, layang layang lebah menjadi yang paling unik dari jenis layang layang lain.

Cari tahu yuk bagaimana cara membuat layang layang lebah atau schaefer ini, berikut adalah informasinya :

Siapkan terlebih dahulu bahan & Peralatan berikut :

  1. Selembar kertas A4
  2. Pensil/spidol warna
  3. Staples
  4. Pelubang kertas
  5. Penggaris
  6. Benang

1. Gambarkan Kreasimu Di Kertas.

Hias kertas A4 dengan gambar kreasimu menggunakan spidol warna yang telah kamu siapkan sebelumnya.

2. Lipatlah Menjadi Dua Kemudian Tandai.

Lipat bagian kertas A4 Menjadi dua, saling pertemukan tepi yang pendek dari kertas A4.

Setelah itu, beri tanda sejumlah 2 buah pada sisi lipatannya :

  • Pada jarak 6,25 cm.
  • Pada jarak 12,5 cm.

Jarak dihitung mulai dari awal sisi.

3. Pertemukan Sudut pada TItik Pertama Tadi.

Petemukan kedua sudut yang terdekat pada titik pertama dengan cara dilipat tapi tidak ditekan. Biarkan lipatan terlihat “mengambang”. Kamu bisa gunakan staples atau selotip untuk menempelkan pada bagian tengah kertas.

4. Buat Lubang untuk Diikatkan dengan Benang.

Buat lubang pada tanda kedua tadi. Kemudian, Ikatlah layang layang tersebut dengan benang di lubang tadi.

Selamat! Layang-layang lebah kertas kamu sudah siap diterbangkan

Layang Layang Eddy

cara membuat layang layang eddy, layang layang eddy

cara membuat layang layang eddy – id.wikihow.com

Cara membuat layang layang eddy hampir sama dengan cara membuat layang layang sederhana yang sudah kita bahas sebelumnya. Tapi layang layang eddy adalah kamu dapat menerbangkan layang-layang ini sampai 10 lebih sekaligus.

Keren kan, yuk cari tahu bagaimana sih cara membuat layang layang eddy, berikut adalah informasinya

Siapkan terlebih dahulu bahan & Peralatan berikut :

  1. Kantong plastik
  2. Selotip
  3. Kayu (0,3cm)
  4. Gunting
  5. Benang

1. Potong kantong plastik untuk membuat layar layang-layang.

Lipat terlebih dahulu kantung plastik agar potongannya simetris/sama besar. Kemudian potonglah kantung plastik tersebut menjadi bentuk layang-layang menggunakan gunting.

2. Buat lubang berbentuk lingkaran di tengah layang layang

buatlah lubang tepat pada pertemuan garis dari sudut atas-bawah dan sudut kanan-kiri.

3. Tempelkan Kerangka pada layar layang layang.

  • Tempelkan kayu (0,3cm) untuk pasaknya ( vertikal ) dari sudut atas-bawah. Rekatkan dengan selotip.
  • Tempelkan kayu (0,3cm) untuk perentangnya ( horizontal ) dari sudut kanan-kiri. Rekatkan dengan selotip.

Agar lebih rekat dan kuat, selotip bagian kerangka yang garisnya saling bertemu menggunakan selotip secukupnya.

4. Lengkungkan Kerangka Perentang dengan Garis Tekanan pada Bagian Belakang dengan Benang.

Lengkungkan garis perentang dengan memberi garis tekanan pada bagian belangkang layang-layang, kemudian ikatlah disalah satu segi perentang, ditambah rekatkan dengan plester akan lebih baik. Kemudian, tarik menjadi lengkung sekitar 5 cm, lalu ikatlah ke segi perentang yang satunya, ditambah rekatkan plester akan lebih baik.

5. Tambahkan Hiasan Ekor Khas Layang-Layang Eddy

Cari sekiranya benda ringan seperti plastik, kertas, atau kain yang memiliki panjang 183cm serta lebar 2.54 cm untuk membuat ekornya. Ekor ini bisa kamu tempelkan di segi bagian bawah layang layang menggunakan plester.

5. Ikatlah bagian tengah layang layang dengan benang.

Hubungkan benang dengan layang-layang dengan memasangkan benang melewati lubang bagian depan layar, tepatnya dimana kedua garis (perentang dan pasak) saling menyilang, kemudian ikat dengan kuat.

Selamat! Layang layang eddy kamu sudah siap mengudara!

Tips Bermain Layang-Layang

bermain layang layang, orantua dan anak bermain layang layang, anak dan orangtua bermain layang layang

tips bermain layang layang = momjunction.com

Nah, setelah selesai membuat layangan. Ada tips nih buat kamu bermain layang layang agar lebih mengasyikkan dan menyenangkan. Simak yuk apa saja sih tipsnya

  1. Cari lapang yang luas yang dan tidak banyak objek tinggi seperti tiang, pohon, dsb.
  2. Mainkan saat terasa ada angin, paling menyenangkan bila angin sepoi-sepoi sedang menerpa.
  3. Main ditempat yang tinggi, karena angin mudah ditemukan disana.
  4. Bermain bersama temanmu akan menambah keseruan bermain layang layang.

Sudah terbanyangkan bagaimana seru dan senangnya bermain layang layang nantinya.

Pojok Tambahan

festival layangan, festival layang layang di gujarat, festival layang layang

image.indianexpress.com

Dari waktu ke waktu, aneka bentuk layang layang kini sudah banyak modifikasi. Mari kita telusuri festival layangan yang ada di Bali. Bentuk dari layang-layang yang dibuat seniman yang ikut serta disana banyak ragamnya, mulai dari layangan kelelawar, lebah, burung, ikan, bahkan naga menjadi jagoan seniman untuk melombakan karya seni layang layangnya.

Ingin tahu seperti apa rupa dari layang layang tersebut. Langsung saja lihat kumpulan gambar karya seniman layang layang dibawah ini

Layang Layang Kupu-Kupu

layang layang kupu kupu, layang layang hewan, layang layang unik

layang-layang kupu-kupu – youtube.com

Layang Layang Ikan

layang layang ikan, layang layang khas jepang, layang layang ikan khas jepang

layang layang ikan dari jepang – en.wikipedia.org

Layang Layang Kelelawar

layang layang kelelawar, layang layang unik, layang layang hewan

layang layang kelelawar – amazon.com

Layang Layang Eddy Berjajar

layang layang eddy, layang layang eddy berjajar, layang layang eddy lomba

layang layang eddy berjajar – dubeat.com

Layang Layang Naga

layang layang naga, layang layang naga suryantoro, layang layang naga terpanjang

layang-layang naga milik suryantoro daru Yogyakarta menjadi langganan juara – helloborneo.com

Keren-keren bukan? Pada dasarnya semua itu masih mengacu pada pembuatan layang layang yang kita bahas sebelumnya, hanya mereka memodifikasi sedemikian rupa dengan kreatifitasnya menjadi bentuk dan ragam yang lebih menarik. Kamu juga bisa membuat layang layang seperti mereka. Dengan terus belajar dan berkreasi.

Sekian pembahasan tentang bagaimana cara membuat layang-layang. Semoga pembahasan kita kali ini bisa kamu wujudkan dan segera bersenang-senang bermain layang-layang bersama teman-temanmu.

Terimakasih telah membaca

Sampai jumpa lagi

Leave a Reply