Kenali 3 Jenis Jahe Berikut Agar Tahu Manfaatnya

Jenis Jahe – Tahukah Anda bahwa jahe merupakan salah satu rempah yang seringkali ditemukan pada resep makanan maupun sebagai obat yang kandungannya bermanfaat baik untuk tubuh dan dapat dikonsumsi rutin. Terdapat 3 jenis jahe yang berkualitas yang akan Anda temukan pada informasi berikut ini.

Jahe Gajah

jahe gajah, jenis jahe, rempah

jahe gajah – rumahmesin.com

Sebutan pada jenis jahe satu ini sangat cocok dengan ciri ciri jahe satu ini. jahe gajah memiliki ukuran yang paling besar diantara jahe lainnya, namun kandungan minyak atsiri pada jahe gajah adalah yang paling rendah, yaitu sekitar 0,18-1,66% saja.

kandungan minyak atsiri yang sedikit ini membuat rasa dari jahe gajah tidak terlalu pedas dan seringkali dimanfaatkan untuk menjadi bahan baku utama pembuatan permen atau minuman.

Ciri-ciri : Ukurannya besar, ruas rimpangnya lebih besar/menggembung, warna dagingnya putih kekuningan, rasanya tidak terlalu pedas.

Cocok digunakan sebagai : bahan baku membuat permen atau minuman, bisa juga digunakan sebagai masakan.

Dikenal juga sebagai : Jahe kuning besar, jahe badak, jahe badag, jahe kuning.

Jahe Emprit

jahe emprit, tumbuhan herbal, rempah

jahe emprit

merupakan jahe yang seringkali akan Anda temui di pasaran. jahe emprit lazim digunakan sebagai rempah pada masakan yang. Kandungan minyak atsiri yang terkandung sangat cocok sebagai penambah rasa pedas (hangat) pada makanan,  adapun kandungan minyak atsirinya yaitu sekitar 1,7%-1,8%.

Ciri-ciri : kecil, sedikit pipih, berserat lembut, aromanya kurang tajam, dan rasanya pedas.

Cocok digunakan sebagai : rempah untuk masakan dan jamu.

Dikenal juga sebagai : jahe kuning kecil, jahe sentil, jahe putih.

Baca juga informasi tentang jenis rempah lainnya pada artikel Ketahui Ketahui Perbedaan dari 2 Jenis Kayu Manis [Lengkap&Jelas]

Jahe Merah

jenis jahe, rempah, obat herbal

jahe merah – deltomed.id

adalah jahe yang sangat dicari oleh orang-orang dikarenakan langkanya jahe yang hanya bisa didapat pada bulan-bulan tertentu saja. Jahe yang memiliki kandungan minyak atsiri paling tinggi yang berkisar antara 2,58-2,58% membuat anda akan merasakan rasa yang sangat pedas.

Walaupun rasanya yang sangat pedas, jahe ini tetap bisa dikonsumsi. pengkonsumsian jahe ini biasanya sebagai obat saja, namun di daerah tertentu jahe merah ini dipakai sebagai rempah makanan.

Ciri-ciri : warna rimpang yang kemerah-merahan, berserat kasar, ukurannya lebih kecil (paling kecil dari jenis jahe lainnya), rasanya sangat pedas.

Cocok digunakan sebagai : obat herbal

Leave a Reply