6 Jenis Kain Kaos & Fungsinya [Ketahui yang ternyaman√]

Jenis Kain Kaos – cukup banyak dan tidak sedikit masyarakat yang suka menggunakan kaos, tapi tidak semua orang mengetahui jenis bahan yang digunakan. Hal ini karena banyak orang yang menganggap, jenis atau bahan kaos yang digunakan tidak terlalu penting.

Mereka hanya menganggap hanya mengenakan kaos saja, yang penting merasa nyaman dan cocok dipakai. Sedangkan jenis bahan kaos sendiri secara tidak langsung memang akan mempengaruhi kenyamanan saat mengenakannya. Oleh karena itu pemilihan jenis dan kaos dan fungsinya juga perlu diketahui.

Viscose

Jenis Kain kaos, viscose

Kain Kaos Viscose

Jenis kaos viscose disebut juga degan rayon atau sebuah bahan serat sintesa celulosa organik dan merupakan buatan manusia. Teksturnya sendiri hampir sama dengan tekstur kapas. Memiliki kesan mewah dengan harga yang cukup mahal dan jarang tersedia di pasaran.

Jenis kaos kain viscose ini juga biasanya digunakan supaya dapat menambah kenyamanan pada kecerahan warna dan serat sintetis. Memiliki kelebihan dengan tahan akan kelembapan yang tinggi, memiliki warna yang cemerlang dan seratnya lebih lembut dibandingkan bahan kapas.

Cotton Viscose

Jenis kain kaos, cotton viscose

Kain Kaos Cotton Viscose

Untuk jenis kain kaos ini termasuk bahan campuran, antara cotton combed sebanyak 55% dan viscose. Sangat cocok bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan, apalagi dengan adanya susut pola yang lebih kecil daripada bahan cotton.

Selain itu cotton viscose ini juga mampu menyerap keringan lebih baik. Jadi mampu membuat pemakainya merasa lebih nyaman saat menggunakan kaos berbahan cotton viscose tersebut.

Cotton Combed

jenis kain kaos, cotton combed

Kain Kaos Cottong Combed

Jenis kaos cotton combed ini termasuk kain yang bahannya didapatkan dari serat kapas. Serat tersebut juga memiliki karakterisik seperti benang yang halus dibandingkan bahan lain.

Tida berbulu, lebih rata serta memiliki hasil rajutan yang lebih bagus. Selain itu cotton combed terdiri dari beberapa jenis dan diklasifikasikan sesuai ketebalannya. Mulai dari 20s, 24s, 30s dan 40s.

Jadi semakin besar angka dari jenis kain, maka bahannya akan semakin tips serta harganya akan semakin mahal. Sedangkan pada umumnya kaos berbahan tersebut yang dijual di distro menggunakan bahan 20s dan 30s. Untuk jenis lain sering digunakan pada kaos khusus wanita, pakaian dalam dan yang lainnya.

Cotton Carded

jenis kain kaos, cotton carded

kain kaos Cottong Carded

Cotton Carded ini terdiri dari beberapa jenis kain kaos seperti cotton combed. Antara 20s, 30s dan yang lain. Hanya saja terdapat perbedaan pada serat benang yang tidak terlalu halus.

Selain itu hasl rajutan dan penampilan dari bahan tersebut juga kurang halus dan rata. Basanya bahan jenis ini sering digunakan untuk target pasar kelas menengah dengan harga yang lebih murah dibandingkan cotton combed.

Tapi meskipun bahannya cukup murah, kaos dengan bahan cotton carded masih nyaman digunakan karena terbuat dari serat kapas alam.

Polyester

jenis kain kaos, polyster,

kain kaos polyster

Polyester sendiri terbuat dari serat sintetis, hasil minyak bumi atau berupa serat fiber poly dan biasa digunakan untuk produk plastik seperti biji plastik. Kaos dengan bahan ini tidak dapat menyerap keringat dengan baik.

Anda juga akan merasa panas saat menggunakannya karena terbuat dari bahan dasar butiran plastik. Bahan polyester sendiri memiliki ciri-ciri saat kaos terkena noda makanan dan minyak maka akan sulit untuk dihilangkan.

Selain itu kaos dengan bahan polyester juga akan lebih tahan lama saat direndam atau sampai 3 jam.

Hyget

jenis kain kaos, hyget

janis kain hyget

Untuk bahan hyget ini cukup elastis dan lebih berat dibandingkan bahan kaos spandek biasa. Terbuat dari plastik tapi lebih tipis dan cukup sulit menyerap keringat. Biasanya kaos dengan bahan hyget akan memiliki harga yang cukup murah dan sering digunakan untuk kaos kampanye.

tapi ada juga yang menggunakannya untuk membuat jersey tapi jenisnya Super Hyget dengan kualitas jenis kain kaos lebih baik. Sedangkan untuk pembelian sendiri dapat mempercayakan kepada konveksi kaos terpercaya.

Nah, sampai disini, manakah jenis kain kaos yang menurutmu paling nyaman? Tulis dikolom komentar beserta alasannya juga ya.

Terimakasih telah membaca.

Sampai jumpa lagi

Leave a Reply