Manfaat Beeswax untuk Manusia yang Perlu Kamu Tahu!

Manfaat Beeswax – Ternyata sarang madu bisa memiliki banyak manfaat selain menjadi konsumsi yang memiliki tambahan suplemen bagi tubuh atau menjadi tempat penyimpanan madu bagi lebah.

Kamu bisa mendapatkan manfaat lain dari sarang lebah dengan mengolahnya menjadi beeswax atau dikenal juga sebagai lilin lebah.

Diketahui beeswax atau pun lilin lebah telah dimanfaatkan sejak 2000 tahun lalu sebagai pelapis patung atau pun pembentukan patung agar lebih kokoh dan awet loh. Pada masa kerajaan mesir pun beeswax ini telah digunakan untuk media pengawetan yang cukup terkenal.

Penasarankan dengan beeswax / lilin lebah ini? Yuk cek informasi berikut

Asal Mula Beeswax / Lilin Lebah

asal lilin lebah, lilin lebah, beeswax

Asal lilin lebah – jurnal.maskoolin.com

beeswax / lilin lebah (Cera Alba) adalah lilin alami yang diproduksi oleh lebah madu dari genus apis. Lilin yang berbahan baku sarang lebah yang memiliki kandungan lilin lebah madu dari kelenjar lilin di bagian perutnya.

Secara kimia, lilin lebah merupakan cairan yang teridiri dari ester asam lemak dan berbagai alkohol berantai panjang.

yang proses pembuatannya pun cukup mudah untuk kita buat sendiri.

Cara membuat beeswax

Membuat lilin lebahan rumahan, membuat lilin lebah sendiri, cara membuat lilin lebah

membuat lilin lebah rumahan – http://adindanurulizzahsalma.blogspot.com

Pertama-tama perlu diketahui bahwa beeswax ini terbuat dari sarang madu yang tercampur dengan cairan lilin lebah yang berbahan dasar madu, tak heran jika lilin ini memiliki aroma khas madu.

Peralatan dan bahan yang diperlukan :

  1. Sarang lebah
  2. Wadah Cetakan
  3. Saringan kopi/teh.
  4. air
  5. peralatan dapur.
  6. saringan tahu.

Cara Pembuatan

  1. Siapkan sarang lebah yang nantinya akan di remuk atau dipotong kecil-kecil.
  2. Bungkus menggunakan kain saringan tahu atau sejenisnya.
  3. Panaskan air
  4. Masukkan beeswax yang telah dibungkus ke dalam air yang telah dipanaskan.
  5. Biarkan meleleh hingga larut dalam air yang ditandai dengan berubahya warna air menjadi kuning kecoklatan.
  6. Tunggu hingga mendidih. Agar tidak ada sisa beeswax yang belum larut/ masih mengendap, kamu bisa menekan-nekan bungkusan tersebut.
  7. Tuangkan beeswax pada wadah.
  8. Sekiranya beeswax telah dingin dan berbentuk padat, pisahkan dengan air.
  9. Ada kemunkinan pada tahap ini beeswax tadi belum seutuhnya murni / bersih. Untuk membersihkannya kamu dapat memanaskan kembali beeswax dengan air.
  10. Saring menggunakan saringan yang memiliki kerapatan kecil seperti saringan teh atau kopi. Biarkan hingga dingin dan memadat.

Perlu diingat bahwa beeswax murni ini belum dapat dimanfaatkan secara maksimal dikarenakan belum menjurus kepada kemanfaatannya, contohnya kosmetik.

Kamu perlu mencampurkan beberapa bahan lagi untuk membuat bahan bahan kosmetik seperit pomade, lipstik, dll.

Manfaat Beeswax

manfaat beeswax, beeswax,

Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari beeswax

Setelah mengetahui dari mana asal beeswax dan bagaimana cara pembuatannya, sekarang kita akan kupas tuntas apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari beeswax atau lilin lebah ini? Cari tahu disini

Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa digunakan dari beeswax / lilin lebah ini. DIantaranya adalah

Kosmetik

Di zaman sekarang ini, beeswax lebih terkenal sebagai bahan baku kosmetik, seringkali beeswax dikaitkan dengan kosmetik pomade, dikarenakan bahannya yang organik tidak berbahaya bagi tubuh dan lilin dari madu yang kuat untuk menahan gaya rambut yang diinginkan pemakai pomade berbahan dasar beeswax.

Selain pomade beeswax, beeswax juga dapat digunakan sebagai kosmetik yang bermanfaat sebagai pelembab bibir, pengencang kulit, dll.

Beeswax menjadi tren salah satu bahan baku kosmetik dikarenakan bahannya yang organik yang cocok dengan tubuh kita.

Sebelum dipakai menjadi kosmetik, beeswax harus diolah dan dicampurkan dengan bahan bahan yang sekiranya membantu perwatan kulit dan lain lain, jika tidak maka hasilnya kurang maksimal.

Beli beeswax murni berkualitas, bisa kamu dapatkan disini.

Pelapis Benda

beeswax sudah terbukti sebagai alat pelapis karya seni pada patung maupun lukisan dari zaman dahulu kala. Terdapat banyak sekali hasil lukisan seniman terkenal yang di restorasikan atau dilindungi menggunakan media beeswax.

Hasil dari restorasi karya seni oleh beeswax banyak dipercaya bisa melindungi dari kerusakan karya seni tersebut lebih lama.

Selain pelapis karya seni, beeswax juga digunakan sebagai pelapis buah buahan dan sayuran agar tidak cepat busuk (kebanyakan dipakai pada supermarket). Lilin ini tidak akan menjadi masalah jika termakan dalam jumlah kecil, tapi lebih baik cuci dahulu makanan sampai lilin terasa tidak menempel lagi.

Penambalan Gigi

Ternyata beeswax juga dapat dimanfaatkan pada bidang kedokteran loh. Beeswax ini sering kali digunakan untuk menambal gigi yang berlubang.

Sifatnya yang tidak berbahaya dikarenakan berbahan organik menjadi salah satu alasanya.

Lilin Aromaterapi Alami

Sudah pernah mencoba merilekskan diri dengan lilin lebah belum? Ternyata cara relaksasi ini cukup bekerja dan aman loh.

Lilin lebah asli yang dibakar akan membuat harum seisi ruangan seperti madu yang akan menenangkan pikiran anda. Tenang saja, udara yang dihirup dari lilin lebah ini tidak sama dengan lilin pada umumnya, justru lilin lebah sangat aman untuk dihirup.

Sensasi dari menhidup bau madu dari lilin lebah membuat stress kamu bisa hilang, bahkan kamu bisa tertidur pulas karena saking rileksnya, haha.

Efek Samping Beeswax

buku dan daun, buku dan daun maple

unsplash.com

Yang baik tidak selalu baik, pasti ada sisi lainnya. Meskipun hanya memiliki efek samping yang tidak banyak, tidak ada salahnya kita mengetahui efek samping dari penggunaan beeswax pada tubuh kita. Berikut informasinya.

Menghambat Usus

Jika kamu mengkonsumsi beeswax terlalu banyak akan berdampak pada pencernaan kamu. Endapan-endapan beeswax yang berada di usus akan mengganggu dan menghambar saluran penceranaan.

Tentunya kasus ini jarang sekali terjadi, karena sangat jarang pemakaian beeswax pada makanan yang penggunaannya amat banyak dan sering dikonsumsi.

Saran saja, sebaikanya cuci makanan yang sekiranya mengandung pengawet sampai bersih guna menghindari kasus yang satu ini.

Alergi Madu

 

Pembahasan ini dikhususkan pada yang memiliki alergi terhadap produk yang berbahan madu.

Tahukah kamu alergi pada madu disebabkan karena suatu komponen pada madu yaitu propolis dan lem lebah (bee glue). Komponen propolis ini berasal dari pohon resin yang diketahui memiliki alergen (zat penyebab alergi).

Sekian Informasi seputar manfaat beeswax atau lilin lebah. Semoga mudah dimengerti dan bisa dijadikan referensi yang baik untuk anda dalam penggunaan lilin lebah.

Terimakasih telah membaca.

Sampai jumpa lagi.

 

Leave a Reply