Ternyata inilah Cara Budidaya jangkrik yang Tepat dan Sukses

Cara budidaya jangkrik – Halo para calon pembudidaya jangkrik pemula dan yang sudah ahli dalam bidang ini. Saat ini berbisnis budidaya hewan dari salah satu pakan burung seperti jangkrik adalah bisnis yang mulai dipertimbangkan oleh banyak orang. Tentu saja pertimbangannya dengan modal awal yang tidak ada apa apanya bila dihitung prospek keuntungan bersihnya jutaan perbulan.

Berminatkah anda untuk mencoba berbisnis budidaya jangkrik ini? Simak bagaimana cara budidaya jangkrik dengan tepat dan sukses pada berikut ini.

Menentukan Lokasi Kandang Jangkrik

Guna mendapatkan jangkrik yang kualitasnya sama dengan habitat aslinya, anda diharuskan mengikuti beberapa syarat untuk menentukan lokasi budidaya jangkrik sebagai berikut :

  1. Suasana di sekitar lokasi kandang jangkrik haruslah tenang dan sunyi.
  2. Lokasi budidaya jauh dari sumber kegiatan, kebisingan, dan keramaian manusia.
  3. Ruangan tidak boleh terkena sinar matahari langsung dan sebaiknya jauh dari pepohonan agar dapat menyerap sinar matahari secara bebas.
  4. Usahakan lokasi budidaya jauh dari predator, seperti ayam, cicak, tokek, dan tikus.

Jika beberapa persyaratan lokasi budidaya jangkrik tidak dapat anda lakukan, anda bisa meminimalisir dampak dari tidak menjalankan persyaratan tersebut dengan usaha yang anda bisa lakukan.

Kriteria Rumah/Ruangan Tempat Kandang Jangkrik yang Tepat

Mencari rumah/ruangan untuk penempatan kandang jangkrik sebenarnya sudah bisa anda lakukan setelah anda menyelesaikan persyaratan yang sudah diberikan sebelumnya. Tapi ada baiknya untuk mendapatkan hasil dari budidaya yang maksimal dan efektif, sebaiknya anda juga memerhatikan poin poin berikut.

  1. Standar minimal untuk lantai dasar adalah tanah, akan lebih baik di cor pada kondisi tanah yang basah dan lembab.
  2. Usahakan lantai dibuat tinggi guna menjaga suhu dikala musim hujan.

Adapun kriteria ruangan yang disarankan dan bisa anda pilih :

  1. Tembok berupa semi batako, 1,5 meter batako dan bagian atas adalah asbes dan keluar masuknya angin.
  2. Tembok berupa asbes dan bagian atas menggunakan untuk keluar masuknya angin.
  3. Tembok berupa bethek bambu yang pada bagian luarnya dilapisi plastik terpal.

Untuk atap, anda bisa memasang asbes dikarenakan akan lebih stabil dan hangat. Ukuran tinggi atap miring tidak lebih tinggi dari 2,5m – 3,5m agar tidak mengganggu suhu ruangan dikarenakan banyaknya angin yang masuk.

Membuat Kandang Jangkrik

Pembuatan kandang jangkrik bisa anda serahkan pada tukang kayu yang terdekat di daerah sekitar anda, namun jika anda ingin membuatnya sendiri tentunya bisa memotong budget lebih untuk memulai budidaya jangkrik. Beriktu adalah tahapan dan penjelasan cara membuat kandang jangkrik :

Pembuatan Kotak Jangkrik

Kandang/Kotak jangkrik dapat anda buat sedemikian rupa menggunakan bahan-bahan seperti triplek ukuran 3mm dan kaso/kayu reng/bambu tergantung pada jumlah bibit itu sendiri.

Sebagai permulaan, anda bisa membuat wadah/kotak jangkrik dengan ukuran
Panjang 120cm, lebar 50cm, dan Tinggi 50cm untuk volume bibit yang disebarkan adalah 1 ons saja.

Dari bibit 1 ons yang anda tebar diperkirkan akan mengahasilkan sekitar 10-20Kg jangkrik panen.

Pada peternak yang memiliki lahan luas dan menguasai ilmu budidaya jangkrik, anda akan menemukan kotak yang lebih besar dan disusun bertingkat sesuai kebutuhan dan target panen mereka.

Pembuatan Kaki Penyangga Kandang Jangkrik

Pembuatan kaki penyangga kandang/kotak jangkrik juga harus diperhatikan agar jangkrik aman dari serangan predator yang akan memangsa jangkrik yang anda budidayakan

Salah satu media yang digunakan pada media kaki penyangga kandang adalah wadah mangkok, kaleng, botol yang sudah dipotong, atau yang lainnya.

Wadah tersebut anda isi dengan air oli bekas, gemuk, atau yang lainnya. Wadah penyangga kandang dapat menangkal naiknya preadator yang naik masuk ke kotak jangkrik.

Pembuatan Tutup atau Atap Kandang Jangkrik

Fungsinya sama seperti media penyangga kandang, yaitu menangkal masuknya predator yang masuk.

Atap kandang dapat menangkal predator yang berbahaya bagi jangkrik budidaya seperti cicak, tikus, kecoa dan lainnya.

Tutup atau atap kandang bisa dirancang sedemikan rupa menggunakan : papan triplek, terpal, atau kelambu bekas.

Jika anda menggunakan papan triplek sebagai bahan penutup dan kondisi kandang tertutup rapat, jangan lupa buat ventilasi di sekitar dinding kandang menggunakan kain kasa/kawat dengan lubang kecil agar tercipta sirkulasi udara yang baik di dalam kandang.

Berikut adalah ilustrasi kandang jangkrik :

gambar kandang jangkrik, kandang jangkrik, cara membuat kandang jangkrik

Ilustrasi kandang jangkrik

Kardus Jangkrik

Bagi pemula dalam budidaya jangkrik atau belum mempunyai budget yang cukup untuk membuat kandang jangkrik dari triplek, jangan risau. Terda[at media kardus yang budgetnya lebih ekonomis.

Cara untuk membuat kardus jangkrik pun cukup mudah, anda cukup menyiapkan kardus bekas, kayu, paku, lakban, lem kayu, dan cutter atau gunting.

Setalah anda menyiapkan barang tersebut baru lah kita menuju cara pembuatannya sebagai berikut :

  1. Jika anda memiliki kardus yang sekiranya cukup besar, anda bisa langsung memakainya sebagai kandang jangkrik. Namun jika kardus yang anda miliki kecil, anda harus merakit kardus tersebut sampai dengan ukuran 50cm x 60cm x 120cm.
  2. Beri lakban pada setiap bagian sudut dan juga bagian atas agar jangkrik tidak bisa merayap keluar.
  3. Buatlah kaki kandang setinggi 20cm – 30 cm dari kayu sebagai alas kandang dan beri wadah yang berisi cairan penangkal (contoh : oli bekas, air garam) guna menangkal gangguan serangga dan yang lainnya.

DIkarenakan cara budidaya jangkrik menggunakan kandang jangkrik kayu dengan kardus berbeda, saya sarankan bagi anda yang memulai ternak jangkrik dengan kardus untuk memakai media serutan kayu sebagai isi/media di kardus jangkrik.

Pemberian Tray Telur atau Daun Pisang Kering

Terdapat 2 media yang seringkali peternak jangkrik gunakan saat saya menulis ini, yaitu menggunakan tray telur atau pisang kering (Klaras). Kedua media tersebut tentunya berbeda yang akan dijelaskan pada bahasan berikut ini

Tray telur

media tray telur, budidaya jangkrik dengan tray telur

media tray telur

Saya menemukan pada beberapa daerah yang tidak terlalu jauh dengan kota, biasanya mereka menggunakan tray telur sebagai media penghangat kandang jangkrik. Berikut saya rangkum kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan :

  1. Suhu dalam kandang lebih stabil
  2. Mudah disusun
  3. Memudahkan memanen

Kekurangan :

  1. Lebih mahal dari daun pisang kering (Klaras)
  2. Tray mudah busuk apabila dilakukan penyemprotan/pembersihan pakan yang mengandung air.
  3. Harus rajin mengganti tray secara teratur agar tetap bersih dan terhindar dari sumber penyakit.

Tray telur bisa anda dapatkan dengan harga sekitar 20-30 ribu per tumpuk (100pcs). Harga tray bisa lebih murah atau mahal tergantung penjual di daerah anda.

Pisang kering/Kiaras

kiaras, daun pisang kering, kiaras untuk budidaya jangkrik

kiaras/daun pisang kering

Sampai saat ini pisang kering atau kiaras masih menjadi suatu media untuk jangkrik yang masih dipercaya untuk kesuksesan budidaya. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan yang peternak jangkrik paparkan adalah sebagai berikut :

Kelebihan :

  1. Mudah didapatkan dari pekarangan atau kebun yang masih banyak ditubuhi pohon pisang. (tergantung wilayah anda)
  2. Dapat diperoleh secara gratis, namun jika berbayar pasti tidak modalnya tidak lebih mahal dari egg tray.
  3. Lebih terjaganya kelembaban kandang yang sifatnya sering dilakukan penyemprotan secara rutin.

Kekurangan :

  1. Sulit dilakukan pengontrolan terhadap sisa-sisa dari pakan yang menumpuk di kandang.
  2. Lebih susah melakukan pemanenan jangkrik.

Penetasan Telur

cara penetasan telur jangkrik, telur jangkrik alam, telur jangkrik

telur jangkrik

Guna melancarkan permulaan bisnis jangkrik yang bagus, tentunya anda juga harus memilih telur jangkrik yang berkualitas pula. Teliti dalam membeli telur jangkrik yang tidak tercampur dengan jenis indukan jangkrik lainnya karena dapat merubah kandungan gizi pada jangkrik.

Anda bisa mendapatkan telur jangkrik yang berkuaiitas dan panduan dalam penetasannya pada link berikut fabusoul.com/jual=telur-jangkrik .

Setelah anda mempunyai telur jangkriknya, anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu penetasan telur jangkrik.

Berikut adalah langkah langkah atau cara menetaskan telur jangkrik.

  1. Siapkan semacam nampan yang telah diisi dengan pasir.
  2. Taburkan telur jangkrik pada pasir tersebut.
  3. Kemudian timbun dengan pasir secukupnya, jangan terlalu banyak.

Telur mulai menetas ditandai dengan keluarnya bayi-bayi jangkrik dari pasir, ini lah mengapajangan memberi pasir terlalu banyak di nampan, selain itu pasir yang dipakai sebagai media penghangatan telur jangkrik.

Biasanya waktu yang dibutuhkan telur untuk menetas secara merata adalah 4-6 hari dengan perlakuan yang baik.

Pemeraman Telur

Ini adalah penanganan khusus untuk telur kiriman, jika anda menggunakan telur mengambil dari pembudidaya langsung, bisa lewati langkah satu ini.

Telur kiriman adalah telur yang anda beli pada pembudidaya telur jangkrik. Biasanya anda akan mendapatkan telur jangkrik dengan bungkusan kain. Telur kiriman perlu dieram sebelum ditaburkan.

Tujuan dari diperamnya telur kiriman agar rasio tetas telur terjamin tinggi. Jika anda tidak melakukan pemeraman terlebih dahulu, kemungkinan besar telur yang disebar tersebut akan membusuk (menghitam dan kempes) karena kurang hangatnya suhu.

Cara pemeraman cukup mudah, anda hanya perlu membungkus telur jangkrik dengan kaos atau dengan 2 kain tebal.

Peram telur jangkrik kiriman sekitar 2×24 jam atau sampai 3-5% telur jangkrik menetas. Seteleh ini anda baru bisa menaburkan telur di triplek pada kandang jangkrik.

Telur pada triplek yang ditabur barusan belum sepenuhnya menetas. Untuk menuntaskan proses penetasan, selimutkan koran atau kain tipis untuk mengahangatkan telur yang belum menetas.

Penting : pemakaian koran atau kain tipis untuk menghangatkan telur kiriman yang belum menetas tergantung pada suhu ruangan/sekitar. Kebanyakan peternak menggunakan kain tipis karena lebih menyesuaikan suhu.

Perawatan dan Pakan

pakan jangkrik, budidaya jangkrik

pakan jangkrik yang disertai gedebog pisang

Apabila telur sudah mulai menetas, anda bisa segera memberikan pakan pada jangkrik yang sudah menetas agar tidak memangsa telur telur lainnya.

Perlu diperhatikan juga kelembaban dan kebersihan kandang, salah satu faktor tidak baiknya kelembaban, kebersihan, dan kesehatan pada kandang jangkrik adalah dari sisa-sisa pakan yang menumpuk.

Pemeberian pakan pada jangkrik haruslah secara rutin sampai sekiranya telur jangkrik telah menetas secara merata dan mencapai masa panenennya.

Pemijahan

perbedaan jangkrik betina dan jangkrik jantan, jangkrik betina, jangkrik jantan

ketahui perbedaan jangkrik jantan dengan jangkrik betina

Untuk menghasilkan telur jangkrik selanjutnya untuk kebutuhan pribadi atau  dijual kepada pembudidaya lain, anda diharuskan memilah jangkrik muda antara betina dan jantan dengan perbandingan 2:10 (2jantan:10betina).

Untuk membedakannya cukup mudah, kami sertakan gambar mempermudah anda membedakan kelamin jangkrik :

  1. Sayap punggung
    Jantan : bermotif gelombang kasar, tidak rata, dan berbunyi nyaring

Betina  : bermotif lurus.

  1. Ovipositor
    Ovipositor adalah bagian tubuh jangkrik yang berfungsi untuk mengeluarkan telur. Ovipositor terlihat seperti jarum di bagian ekor jangkrik.
    Jantan : Tidak Punya
    Betina : Punya

Setelah anda dapat membedakan kelamin jangkrik, selanjutnya adalah memilih indukan jangkrik yang bagus. Berikut adalah ciri-ciri indukan jangkrik yang bagus :

  1. Memiliki antena yang masih lengkap dan panjang
  2. Kaki masih lengkap.
  3. Kondisi masih sehat dengan ciri-ciri gesit dan bisa melompat dengan lincah.
  4. Badan dan bulu jangkrik jantan berwarna hitam mengkilap
  5. Memiliki postur yang besar
  6. Pilih jangkrik yang mengeluarkan zat cari dari mulut & duburnya apabila dipegang.

Langkah selanjutnya setelah mencirikan indukan jangkrik yang bagus adalah menyiapkan media/wadah peneluran.

Teradapat 2 macam wadah peneluran yang sering dipakai oleh para pembudidaya jangkrik, yaitu :

  1. Papan Triplek, dibuat sedemikan rupa
  2. Nampan, diisi dengan pasir halus atau pasir ayak.

Langkah Terakhir tentunya memberikan pakan yang bagus pada jangkrik indukan guna mendapatkan telur jangkrik yang bagus juga. Pakan yang bagus diantaranya adalah : poor ayam dan jagung muda, sawi putih, dll.

Umumnya jangkrik akan mulai bertelur setelah 4 hari disatukan dan jangan heran jika terdapat jangkrik yang mati setelah bertelur, karena memang sudah siklus jangkrik seperti itu.

Pemanenan

Setelah memasuki tahap pemanenan, anda bisa mendapatkan panen jangkrik yang telah matang yang berumur 30hari keatas dan juga telur jangkriknya tergantung pada fokus anda budidaya pada telur atau jangkrik.

Anda bisa memanen jankgkrik sebagai pakan burung kicau atau memanen telur jangkrik yang bisa anda juga ke pembudidaya yang membutuhkan.

Penjualan

Sebelum membahas tentang penjualan, saya himbau dengan sangat kepada anda untuk memahami bab ini semaksimal mungkin, karena ini adalah kunci terakhir yang harus anda miliki setelah kunci lainnya untuk membuka pintu kesuksesan anda. Baca dan pahami semaksimal mungkin.

Sebenarnya mudah saja menjualkan telur jangkrik anda, yaitu dengan mencari penampung yang konsisten menampung hasil panen jangkrik anda. Ini adalah salah satu cara aman untuk menghidari kerugian dari bisnis jangkrik.

Menjual ke penampung hasilnya kurang memuaskan?

Anda bisa menjual sendiri ke kios-kios di lokasi anda atau anda, mempromosikan hasil panen jangkrik anda ke orang orang, atau menjualnya dengan media online seperti yang saya lakukan.

Jika anda penasaran dengan penjualan melalui media online, anda bisa menghubungi saya untuk menjalin kerjasama.

Adapun beberapa karakter diri seperti keuletan, ketelatenan, dan kesabaran perlu anda tanamkan pada diri anda untuk menggapai kesuksesan anda. Yakin lah, Usaha keras tidak akan mengkhianati hasil. Jangan lupa juga berdoa agar di berikan jalan yang mudah menuju kesuksesan anda.

Kesimpulan dari bab penjualan ini adalah sebagai berikut :

  1. Berdoa, agar diberikan kemudahan oleh tuhan YME
  2. Persiapan media yang dibutuhkan
  3. Perawatan

Berikut adalah langkah-langkah penjualan menurut pengalaman pribadi saya :

  1. Promosi
  2. Pertahankan kualitas
  3. Perawatan jangkrik, Perlakuan anda terhadap jangkrik akan menimbulkan timbal balik pada anda juga, maka rawatlah jangkrik dengan baik)
  4. Ulet, telaten, sabar, pantang menyerah, konsisten, tahan banting dan yakin.
  5. Pemasaran, dapat dilakukan dengan mencari penampung yang baik dan konsisten atau melakukan pendekatan ke target pasar sendiri dengan cara anda sendiri. Buat cara pemasaran yang unik dan menarik agar calon pembeli berminat membeli panen jangkrik anda.
  6. Rencanakan keungan, Tabung sebagian keuntungan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari budidaya anda.

Itulah bagaimana cara budidaya jangkrik yang kami rangkum ilmunya dari berbagai petani yang terdapat di berbagai daerah juga. Setelah anda membaca ini, tentunya anda akan lebih yakin untuk memulai bisnis ternak jangkrik.

Semoga sukses dan bahagia.

Terimakasih telah membaca.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply